Jumat, 31 Mei 2013

Hewan - hewan laut unik


1. Dumbo Octopus

Dumbo Octopus Pertama kali terlihat pada tahun 1999 dan kemudian divideokan pada tahun 2009. Hewan lucu yang jika dilihat-lihat menyerupai gajah ini dapat hidup pada kedalaman 7.000 meter di bawah permukaan laut, sehingga disebut-sebut sebagai spesies gurita yang hidup di perairan terdalam. Kelompok hewan ini diperkirakan erjumlah sebanyak 37 spesies. Spesies ini juga tidak pernah melihat sinar matahari.



2. Cumi-Cumi Vampire (Vampire Squid)


Cumi-cumi vampir tinggal di kedalaman 600-900 meter. Seperti diketahui karena kurangnya intensitas cahaya matahari, mengakibatkan mata hewan ini berkembang lebih besar dari hewan kebanyakan. Hal lainnya yang menarik dari cumi-cumi ini adalah mekanisme pertahanannya. Dikedalaman dan kegelapan laut ia dapat melepaskan 'tinta' yang bercahaya yang dapat membingungkan hewan lainnya dan juga berguna untuk meloloskan diri dari serangan pemangsa.
Jason Bradley, seorang fotografer kelautan, berhasil mengambil gambar makhluk yang berasal dari dasar laut secara detail. Ada yang sudah mati, ada pula yang masih hidup saat dia menjepret kameranya

3. Makhluk bawah laut yang unik ini biasa ditemukan di perairan pesisir Pasifik Utara dari Jepang hingga California sampai kedalaman 165 meter.



4. Viper Fish


5. Ikan dengan gigi besar ini biasa ditemukan di perairan tropis di Samudera Hindia, Pasifik dan Atlantik.


6. Stomiide, family dragon fish


7. Seekor ikan belut yang memiliki mulut seperti paruh burung ini biasa ditemukan pada kedalaman 300-600 meter di bawah laut.


8. Ikan hiu Mustellus ini bisa tumbuh sepanjang 1,6 meter dengan berat 13 kilogram.


9. Salah satu monster laut yang berhasil ditemui sang fotografer selama berburu di bawah laut.
 
 




 
 
10 Kuda Laut Kerdil



Kuda laut pigmy atau Hippocampus bargibanti, mungkin sulit untuk Anda kenali, karena selain mampu berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya, kuda laut ini begitu kecil, bahkan ukurannya tak akan mampu tumbuh lebih besar daripada satu inchi. Foto ini memenangkan penghargaan kategori ‘Marco’.

11.Teripang Warna



12. Teripang dan Udang Belalang



13. Ikan Sotong
 


Gerombolan ikan sotong terlihat tengah kawin di Muara Oosterschelde dekat kota Zeeland, Belanda. Foto ini memenangkan penghargaan utama kategori ‘Wide Angle’.

13. Ikan Landak



Ikan yang terlihat seperti sedang tersenyum itu adalah ikan landak jaring (Chilomycterus antillarum). Ikan ini ditemukan di Danau Worth Lagoon, Pantai Riviera, Florida AS.




14. Ikan Singa

 

Menjadi ikan favorit penghuni aquarium, ikan singa terkenal dengan duri-durinya yang beracun. Walaupun tidak terlalu mematikan pada manusia, racunnya dapat mengakibatkan sakit kepala, muntah-muntah, dan gangguan pernafasan. Menurut beberapa laporan, gejala tersebut berlangsung selama beberapa minggu.



15.Piglet Squid
 
Cumi Piglet adalah makhluk yang cukup misterius. Sangat sedikit diketahui biologisnya.merupakan cumi-cumi yang unik  dinamai demikian karena bentuk lengan dan tentakelnya yang seperti jambul berumbai, dan bentuk tubuh yang bundar.Pola tubuh yang tidak biasa, diakibatkan pigmentasi kulit, menyebabkan cumi-cumi jenis ini seolah-olah memiliki senyum di wajahnya. Hampir keseluruhan tubuhnya tembus pandang, kecuali pada beberapa bagian yang mengandung pigmen, atau kromatofor, yang memberi hewan ini penampilan yang khas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar